Cari Blog Ini

Memuat...

Kamis, 26 Agustus 2010

Blog / Visi dan Panggilan
Tutup Rating kamu telah ditambahkan.
Tutup Ada kesalahan dalam memberikan rating.

Kamis, 20 Agustus 2009 jam 01:12

VISI DAN PANGGILAN
( PARA NAVIGATOR )

A. PANGGILAN

Adalah misi atau tugas yang Allah mau kita lakukan dalam kehidupan kita.

Efes 4:1; supaya hidupmu sebagai orang-orang yang telah dipanggil berpadanan dengan panggilan itu

2Pet 1:10; Karena itu, saudara-saudaraku, berusahalah sungguh-sungguh, supaya panggilan dan pilihanmu makin teguh.

MACAM –MACAM PANGGILAN

- Mark 3:13-14: Kemudian naiklah Yesus ke atas bukit. Ia memanggil orang-orang yang dikehendaki-Nya dan merekapun datang kepada-Nya. Ia menetapkan dua belas orang untuk menyertai Dia dan untuk diutus-Nya memberitakan Injil

- 1Kor 1:1, Kisah 13:2; Pada suatu hari ketika mereka beribadah kepada Tuhan dan berpuasa, berkatalah Roh Kudus: "Khususkanlah Barnabas dan Saulus bagi-Ku untuk tugas yang telah Kutentukan bagi mereka."

- Gal 2:2, Kisah 13:1; Aku pergi berdasarkan suatu penyataan. Dan kepada mereka kubentangkan Injil yang kuberitakan di antara bangsa-bangsa bukan Yahudi--dalam percakapan tersendiri kepada mereka yang terpandang

- Kisah 16:10; Setelah Paulus melihat penglihatan itu, segeralah kami mencari kesempatan untuk berangkat ke Makedonia, karena dari penglihatan itu kami menarik kesimpulan, bahwa Allah telah memanggil kami untuk memberitakan Injil kepada orang-orang di sana.

- Gal 2:7; Tetapi sebaliknya, setelah mereka melihat bahwa kepadaku telah dipercayakan pemberitaan Injil untuk orang-orang tak bersunat, sama seperti kepada Petrus untuk orang-orang bersunat

PANGGILAN NAVIGATOR

“ To advance the Gospel of Jesus and His Kingdom into the nations through spiritual generations of laborers living and discipling among the lost “

- To advance

Kita bertanggungjawab dan secara aktif melakukannya. Dan ini merupakan proses sepanjang hidup kita ( Filipi 1:12 )

- The Gospel of Jesus and His Kingdom

Yesus adalah merupakan tujuan utama kita. Kita memperluas pengertian Injil yang bukan terbatas pada pertobatan saja tetapi mencakup keseluruhan hidupnya. Kerajaan Allah tidaklah terbatas pada latar belakang gereja saja tetapi lebih luas dari pada itu.

- Into the nations

Komitmen kita bukanlah sekedar masuk kepada suatu bangsa, tetapi juga sampai kepada kaum mayoritas yang ada. Dan untuk mencapainya kita perlu menjadi insider ditengah bangsa tsb.

- Through spiritual generations of laborers

Kita masih menekankan pentingnya pelipatgandaan rohani, hanya kita sekarang menggunakan istilah yang lebih Alkitabiah. Hal ini kita harapkan terwujud melalui jaringan keluarga serta jaringan hubungan lainnya.

- Living and discipling among the lost

Kita harapkan semua pekerja-pekerja kita sedang terlibat dengan orang-orang yang terhilang didalam proses penginjilan maupun pemuridan.

Bagaimana implikasinya dalam konteks kita di Indonesia ?

B. VISI

DEFINISI

 “ Adalah hal-hal yang kita inginkan terwujud didalam kaitan memenuhi panggilan Allah “

 ………………………

 ………………………

 ……………………..

DASARNYA

Berasal dari Allah

Yakobus 1:17 Setiap pemberian yang baik dan setiap anugerah yang sempurna, datangnya dari atas, diturunkan dari Bapa segala terang;

Contoh:

- Nehemiah

KEPENTINGANNYA

 Bila tidak ada wahyu ( visi ), mejadi liarlah rakyat ( binasa ), Amsal 29:18

 ……………….

 …………………..

 ……………….

 ………………..

VISI NAVIGATOR

 Adanya suatu gerakan Injil, yang digerakkan oleh doa, yang mengalir melalui jaringan hubungan untuk mencapai bangsa-bangsa. Dimana saja, pekerja-pekerja Kristus selalu berada digaris depan

 Yang menjadi ciri dari gerakan tsb adalah hati untuk jiwa-jiwa….suasana yang penuh kasih karunia…..hati yang berbelas kasihan untuk jiwa-jiwa yang hancur…. rela berkorban demi menjaga kesatuan…. menyesuaikan diri dan peka terhadap kebudayaan setempat….saling bergantung sebagai keluarga besar kerajaan Allah….pria dan wanita yang diubahkan….penuh dengan kerendahan hati dan aroma Kristus.

 Mereka bertekad untuk taat kepada Firman Tuhan, percaya pada janji-janji Allah. Secara pribadi atau kelompok mereka selalu berusaha mencari kehendak Allah.

 Munculnya pekerja-pekerja dan pemimpin-pemimpin yang semakin mengasihi Yesus. Mereka senantiasa mendemonstrasikan iman dan keberanian ditengah pergaulan mereka. Sebagai orang tua rohani mereka memberikan model yang otentik dan relevan.

 Para kaum awam, dengan sukacita menghidupi kehidupannya dengan terintegrasi. Mereka hidup sebagai orang dalam ( insider ) yang mendatangkan berkat didalam lingkungannya yang terhilang. Tegar menghadapi penderitaan dan kesulitan hidup. Akan banyak orang awam yang percaya dari segala penjuru dunia. Selagi mereka diteguhkan dalam pemuridan beberapa dari mereka akan menjadi pondasi bagi generasi yad. Injil akan menyebar secara alamiah dan berkuasa, selagi mereka membagi Injil melalui kehidupan dan dari keluarga ke keluarga.

 Terjadinya lintas budaya pada kota-kota dan bangsa-bangsa, ada team perintisan yang mobil dan dengan terencana menyebarkan Injil serta menghidupi Injil Kristus tsb sedemikian rupa sehingga mempengaruhi kelompok-kelompok yang ada utk hidup dan berkembang. Kelompok-kelompok social ini memancarkan sukacita dan pengharapan ditengah-tengah lingkungannya sehingga hubungan-hubungan dipulihkan dan keadilan semakin bertambah. Hati mereka dipenuhi dengan beban yang besar terhadap jiwa-jiwa yang terhilang selagi mereka memberitakan Injil ditengah kaum mayoritas di dunia ini.

 Pemimpin-pemimpin dari gerakan ini, dikembangkan dan dilengkapi dalam pelayanan,bertumbuh terus dalam komitmen untuk menjadi sama seperti Kristus. Mereka selalu bergantung pada Rohkudus. Generasi pemimpin yang baru, muncul dan berakar dari dan dalam konteks nasional. Sedangkan kepemimpinan international hanya mengarahkan pada fokus, meluruskan dan memberi dorongan pada gerakan ini. Pemimpin-pemimpin tsb punya komitmen yang jelas terhadap pengaruh jangka panjang dari suatu generasi pelayanan.

STRATEGI 5 TAHUN UNTUK MENCAPAI VISI TSB ( DI INDONESIA )
( Komitmen terhadap visi Navigator )

 Mengutus pekerja-pekerja di Indonesia dan Asia ( unreached )

 Menghasilkan pekerja yang hidup berkontekstual, berani ambil langkah iman, memiliki komitmen dan berintegritas tinggi

 Mengembangkan pekerja yang memiliki gaya hidup yang terintegritas dan melayani secara tim dan sinergi

 Menghasilkan pemimpin-pemimpin yang berkualitas pada tiap tingkat kepemimpinan

 Meningkatkan kualitas proses pelipatgandaan pekerja ( regenerasi )

 Meningkatkan rasa memiliki dan meluaskan dukungan terhadap pelayanan Navigator.

BAGAIMANA MENGHIDUPI VISI ( CIRI ORANG YANG MEMILIKI VISI )

• ATTITUDE

Orang yang punya visi akan mempunyai sikap yang positip dan optimis.

Apa alasannya ?

• BELIEF

Orang yang punya visi memiliki jaminan / pegangan dan keyakinan terhadap Allah, orang lain dan diri sendiri

• CAPACITY

Orang yang punya visi akan bersedia untuk menambah kapasitasnya untuk melakukan hal-hal yang lebih besar dari pada yang biasa ia dapat lakukan

• DETERMINATION

Orang yang punya visi akan punya ketetapan hati pada visi tsb dan berfokus pada Allah

• ENTHUSIASM

Orang yang punya visi akan punya perspektif yang penuh gairah bahwa Allah ada dipihak anda

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar